Shouts Science

Tempatnya Baca Artikel-Artikel Menarik

Thursday, December 24, 2015

Ciri-Ciri, Kandungan dan Manfaat Buah Mengkudu

No comments
Buah Mengkudu atau masyarakat pedalaman suka bilan Buah Pace merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia Tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk baham makanan seperti sayur, rujak dan jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini. Berikut Ciri-Ciri, Kandungan dan beberapa manfaat yang mungkin Anda belum ketahui.
Di dunia ini ada 80 macam mengkudu, namun yang bisa masuk atau dikonsumsi oleh masnusia sebanyak 20 jenis saja. Sedangkan 60 jenis lainnya adalah racun dan jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Buah mengkudu bermanfaat untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap.

Kandungan Zat Buah Mengkudu

Pada Penelitian NCCAM mencakup studi tentang buah mengkudu untuk kanker, menentukan keamanan dan potensi dampak pada tumor dan gejala, seta studi laboratorium efek mengkudu pada sel-sel kanker prostat.

Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Berikut ini berbagai macam kandungan zat yang ada dalam buah mengkudu atau pace ini.

Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Zat Terpenoid - Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantuk proses sintetis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi - Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.
  3. Zat anti bakteri (misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtillis) - zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna dmengontrol nakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah mengkudu atau paca ini bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut ini berbagai macam yang bisa dibunuh menggunakan buah mengkudu :
    *Pseudomonas Aeruginosa
    *E coli
    *Bacillus Subtillis
    *Protens Morganii
    *Staphylococcus Aureus.
    *Salmonella
    *S. Typhi
    *Scotmuelleri
    *Shigella Dusenteriae
    *S. Pradysenteriae
  4. Zat anti kanker - kamdungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
  5. Nutrisi. Mengkudu atau Pace ini memiliki banyak nutrisi di dalamnya. secara umum \, pace adalah buah yang memeberikan nutrisi secara lengkap. berikut ini berbagai macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu :
    *Protein
    *VItamin
    *Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun pace.
    *Selenim. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi.
    *Senyawa. Di dalam mengkudu juga terdapat berbagai maca senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalainine, magnesium.
  6. Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermanfaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
  7. Xeronine dan Peoxenine
  8. Zat bioaktif
  9. Zar iridoid
  10. Serat
  11. Metil
  12. Asetil
  13. Morindone
  14. Asam kapril.

Ciri-Ciri Tanaman Mengkudu 

Agar tifdak tertipu dengen tanaman atau tumbuhan lain sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri dari tanaman mengkudu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari tanaman mengkudu atau pace :
  1. Pohon, Pohon mengkudu tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu tinggi. Tingginya hanyala 4-6 meter saja. Dahan dari pohon mengkudu kaku, akarnya tunggang dan memiliki dahan kasar. Warna bayangnya cokelat dan keabu-abuan.
  2. Daun. daun dari pohon mengkudu berdaun tebal. Daun mengkudu letaknya berhadap-hadapan. Daunnya lebar-lebar dan besar-besar. Tepi daunnya rata.
  3. Bunga, bunga dari tanaman mengkudu majemuk, bunganya bulat. Tangkai bunga mengkudu sepanjang 4 cm. Bunga mengkudu diberi nama buah banci, bermahkota bunga putih, bentuknya menyerupai corong dan memiliki panjang 1,5 cm. Ada benang sari dan menancap di mulut mahkota. Putik bunga mengkudu tersebut berjumlah dua.
Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat buah mengkudu mampu memperbaiki kesehatan, kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuay buah mengkudu memiliki berbagai macam khasat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi mengkudu atau pace.
  1. Meredakan Sakit Kepala
  2. Menurunkan Tekanan Darah
  3. Melancarkan Pencernaan
  4. Anti Inflamasi
  5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  6. Anti Bakteri
  7. Membantu Menurunkan Kolesterol
  8. Mencegah Kanker
  9. Mengobati Asam urat
  10. Mengobati Diabetes
  11. Mengobati Penyakit Gondok
  12. Menangkal Radikal Bebas
  13. Melancarkan Peredaran Darah
  14. Mengobati Infeksi
  15. Meredakan Batuk
  16. Menghilangkan Sakit Kuning
  17. Menyembuhkan Peradangan Usus
  18. Mengobati Radang Lambung
  19. Mengobati Racun Makanan
  20. Radang Tenggorokan
  21. Bronkitis
  22. Mengobati Radang Kulit
  23. Mengobati Sakit Gigi
  24. Mengobati Luka Bakar
  25. Menyembuhkan Borok
  26. Mengobati Desentrit
  27. Mengobati Diare
  28. Meningkatkan Energi
  29. Mengurangi Rasa Sakit
  30. Meredakan Demam
  31. Mengobati Tumor
  32. Menghilangkan Kulit Bersisik
  33. Menyehatkan Tulang
  34. Menyembuhkan Ambeien
Efek Samping Buah Mengkudu

Setiap obat pasti ada efek sampingnya, Buah mengkudu mungkin aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang disarankan. Tapi ada kekhawatiran apabila mengkonsumsi buah mengkudu untuk pengobatan, yang mungkin dalam jumlah yang tidak aman.

Peringatan khusus Konsumsi Mengkudu :
  1. Ibu hamil dan menyusui - Hindari mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil karena secara historis, buah mengkudu kerap digunakan untuk aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.
  2. Masalah Ginjal - Dalam kandungan buah mengkudu terdapat kalium dalam jumlah yang cukup banyak. hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi orang-orang dengan oenyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.
  3. Penyakit Liver - Buah mengkudu banyak dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari mengkonsumsi mengkudu. Jika memiliki penyakit gangguan hati,
Buah mengkudu, daun, bunga, batang, kulit kayu bahkan akarnya banyak digunakan sebagai media pengobatan herbal. Efektivitas buah mengkudu ini sebenarnya belum terbukti. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) telah mengeluarkan beberapa peringata kepada produsen obat herbal dari mengkudu, yang mengklaim kesehatn yang tidak didukung fakta. Sehingga kita sebagai konsumen, harus pintar-pintar memilih pengobatan yang memang benar-benar aman.

Itulah Artikel Kesehatan tentang buah mengkudu. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat untuk kalian semua, amiinn..

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Alkesa

No comments :

Post a Comment