Shouts Science

Tempatnya Baca Artikel-Artikel Menarik

Monday, December 19, 2016

Bahaya yang di-Timbulkan Bagi Laptop Saat Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

No comments
Pada jaman modern ini laptop bukanlah hal yang aneh lagi dan bahkan laptop menjadi kebutuhan prima para pekerja yang bekerja di bidangnya. Di saat kita sedang menggunakan laptop terkadang baterai laptop tiba-tiba habis yang membuat kita sangat terganggu dan menghambat pekerjaaan, tentu akan repot juga jika kita harus menghentkan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya.
Tetapi di samping itu, banyak sekali opini dan pembicaraan-pembicaraan yang timbul dari orang-orang jika bermain laptop sambil dicharge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan kalau bermain laptop dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusak perangkat-perangkat laptop, pendapat yang satu ini menurut saya jika dipikir dengan logika benar juga. karena disaat menggunakan laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai, daya listrik akan langsung menuju hardware seperti motherboard tanpa melakukan penyesuaian terlebih daya/tenaga terlebih dahulu, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.
Selain itu, jika terjadi mati lampu yang secara tiba-tiba dan listrik PLN yang tidak stabil tentu sangat membahayakan motherboard seperti yang saya katakan tadi dan membahayakan hardisk juga. Menurut saya, lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan daripada motherboard ataupun hardisk karna itu merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan laptop. yaa tapi, semoga saja hal itu tidak terjadi pada laptop kalian.

Oke, setelah baca artikel ini kalian tahu, kan? yang mana yang baik dan yang mana yang buruk. Tinggal kalian putuskan ingin melakukan apa pada laptop kalian. Sekian:)

No comments :

Post a Comment