Shouts Science

Tempatnya Baca Artikel-Artikel Menarik

Tuesday, September 27, 2016

Benarkah, Google Menyiapkan Laptop dengan OS Andromeda untuk Bersaing dengan Windows?

No comments
Hari ini pada saat saya membaca WinPoin saya tercengang karna kabarnya Google akan menyiapkan laptop dengan OS baru yaitu OS Andromeda yang mungkin akan menyaingi Windows. Os Andromeda rencananya akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2017.

Bagi kalian yang belum tahu, Andromeda merupakan Os baru yang kabarnya tengah dikembangkan Google dengan mengkombinasikan Android dan Chrome OS. Andromeda ditargetkan bisa berjalan di laptop ataupun hybrid, dan mungkin ditujukan sebagai suksesor dari Chrome OS yang traksinya kurang begitu terlihat di market laptop.

Belum diketahui apakah Laptop Pixel 3 bakal convertible ala Lenovo Yoga ataukah detachable ala Microsoft Surface, tetapi dari bocoran yang beredar laptop ini bakal menggunakan layar 12.3 inch, berdesain tipis, menggunakan processor Intel m3 atau Core i5, 32GB atau 128GB storage, serta 8GB atau 16GB RAM. Laptop inu juga bakal dilengkapi stylus, fingerprint scanner, stereo speaker, 3.5 mm jack, speaker stereo, quad microphone, dua port USB type-C dan baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam.

Ingin bersaing dengan Windows?

Jika Melihat detail bocoran tersebut, sulit untuk tidak membicarakan Windows. Hal ini karena Windows merupakan sistem operasi penguasa ranah laptop saat ini, dan dengan hadir ke market laptop, maka otomatis OS Andromeda juga bakal bersaing dengan Windows,

Pertanyaannya, mampu kah?
Android saat ini memang menjadi penguasa mobile, sedangkan Chrome OS masih kurang memiliki traksi serta minim peminat di ranah laptop. Menggabungkan keduanya menjadi OS Andromeda nampaknya merupakan eksperimen Google untuk kembali mencoba masuk ke ranah laptop agar bisa ikut mencicipi manisnya roti yang porsi terbesarnya saat ini masih menjadi santapan Windows.

Dilihat dari ancang-ancangnya, kemungkinan besar Google akan menjadikan banyaknya aplikasi di Google Play sebagai faktor penarik utama. Tetapi perlu diingat bahwa Windows sudah sangat matang di ranah laptop. Aplikasi desktopnya melimpah, bahkan hampir semua keperluan ada aplikasinya. Jadi perlu lebih dari sekedar jumlah aplikasi bagi Andromeda untuk bisa mengungguli Windows.

Namun demikian Microsoft tentu tidak boleh lengah. Google adalah perusahaan dibalik Android yang kini menjadi OS mobile terpopuler di dunia. Meskipun secara penilaian pribadi, saya cukup pesimis OS Andromeda bakal bisa melampaui Windows, namun memastikan fitur Windows 10 terus kompetitif dan paling ciamik diantara OS laptop lainnya bakal menjadi cara paling aman untuk mengunci dominasi.

Nah bagaimana pendapat kamu dengan langkah Google mengembangkan OS laptop Andromeda ini..?? Akankah di masa depan OS ini bakal menjadi sesuatu yang mengganggu dominasi Windows?

Bagikan pendapat kamu disini.

Sumber : 1# Windows Portal Indonesia

No comments :

Post a Comment